About

header ads

Makalah Cerita Fabel- GUDANG MAKALAH


Kursus Komputer bersertifikat. Lembaga kursus Citra Telematika menyelenggarakan :

1. Aplikasi Perkantoran
2. Desain Grafis
3. Jaringan Komputer
4. Robotika
5. Pemasaran Digital
Kursus Komputer di Majalengka
Citra Telematika - Kursus Komputer di Majalengka


Jl. Raya Timur No. 65, Ciborelang, Jatiwangi
Kab. Majalengka
(0233) 8281236 | 085216667297

BAB I
PENDAHULUAN

Pada ketika kami mengerjakan kegiatan tuntunan belajar, kami menemui sejumlah siswa dan lantas kami mengerjakan tanya jawab bareng siswa itu mengenai kisah Fabel. Fabel merupakan kisah yang semua tokohnya adalahhewan, untuk menunjukkan sifat-sifat insan melalui prilaku-prilaku yang dilaksanakan dengan tokoh fauna tersebut. Sehingga ada sejumlah kendala yang didatangi siswa tersebut laksana siswa ingin melihat sejumlah hewan tersebut mempunyai sifat negatif atau perlakuan yang kasar dan menyeramkan, susah diajarkan bilamana tidak memakai media secara langsung, pesan yang akan dikatakan sulit diciduk oleh anak, sedangkan kisah ini sehubungan erat dengan sikap/prilaku insan yang dicerminkan menggunakan tokoh laksana hewan-hewan yang ada di dekat kehidupan kita. Dengan masalah yang hadir ini kami berniat untuk mengulas bagaimana kisah fabel dan bagaimana penerapan untuk pengajaran di Sekolah Dasar. Sebagai calon guru permasalah yang muncul saat mengajarkan pelajaran ini sangatlah perlu diacuhkan supaya siswa dapat memahami arti yang sebetulnya sehingga mempunyai pengetahuan yang benar-benar cocok konsep penerapannya.
makalah hits

BAB II
PEMBAHASAN

A. PENGERTIAN FABEL
Cerita fabel ialah cerita tentang kehidupan hewan yang berprilaku layaknya seperti insan (prilakunya serupa tingkah manusia). Kata fabel secara etimologis berasal dari kata latin “fibula” (berarti cerita) yang adalahturunan dari kata “ fari “ (berarti berbicara). Cerita fabel termasuk ke dalam jenis kisah fiksi (cerita fiksi ialah suatu kisah yang bukan berasal dari kehidupan yang nyata atau disebut pun dengan kisah fiktif). Cerita fabel disebut pun dengan kisah moral, urusan itu dikarenakan pesan yang ada di dalam kisah fabel paling erat kaitannya dengan moral kehidupan dan kisah fabel bertujuan untuk mengucapkan pesan-pesan moral diakhir cerita.makalah hits
Tokoh yang berperan dalam cerita seringkali binatang, namun ceritanya tidak melulu mengisahkan mengenai bagaimana kehidupan insan dengan semua karakter yang dimiliki. Jadi peran hewan yang ada dalam kisah fabel memiliki karakter layaknya manusia, antara lain:
Jujur dan pembohong
Baik dan jahat
Pintar dan bodoh



B. JENIS-JENIS FABEL
a. Berdasarkan isi dan kandungan cerita
Fabel jenaka, fabel yang berisi kisah lucu dan mengundang tawa pembaca.
Fabel tragedi, fabel yang berisi kisah sedih dan mengundang keprihatinan pembaca.
Fabel romantika, fabel yang berisi cerita romantis dan percintaan.
Fabel heroik, fabel yang berisi kisah kepahlawanan dan perjuangan.makalah hits



b. Berdasarkan asal dan ruang lingkupnya
Fabel lokal/daerah, fabel yang berasal dari wilayah dan penyebaannya terbatas pada ruang lingkup wilayah itu sendiri.makalah hits
Fabel nusantara, fabel yang berasal dari wilayah dan sudah menyebar ke semua pelosok nusantara.
Fabel internasional, fabel yang berasal dari sebuah negara dan sudah menyebar ke semua dunia.


c. Berdasarkan pemakaian latar dan perwatakan, fabel terbagi menjadi:
Fabel alami, fabel yang menyadarkan sifat semua tokoh cocok dengan karakter aslinya.
Fabel adaptasi, fabel yang menyadarkan sifat semua tokoh bertolak belakang dengan aslinya.makalah hits




C. UNSUR-UNSUR DALAM FABEL

UNSUR INTRISTIK:
Tokoh dan penokohan ialah pelaku dalam suatu cerita. Tokoh dalam kisah berperan penting sebab dalam diri figur inilah karakter-karakter daam kisah akan muncul. Dalam fabel figur yang biasa digunakan ialah tokoh binatang, bahkan tokoh hewan sering muncul bareng tokoh manusia. Biasanya figur dalam fabel yang tidak jarang muncul ialah tokoh yang baik dan figur jahat. Binatang yang berkarakter baik tersebut seringkali binatang kecil dan lemah, tetapi dengan kecerdasannya hewan itu dapat memperdaya hewan yang lain. Binatang yang berkarakter jahat biasanya ialah binatang yang berbadan besar dan buas. Meskipun demikian tidak seluruh tokoh hewan dalam kisah fabel berkarakter demikian.makalah hits


Alur cerita ialah urutan peristiwa yang dirasakan oleh tokoh. Alur cerita bersangkutan dengan peristiwa yang terjadi dalam suatu cerita, mulai dari konflik hingga dengan penyelesaian. Alur kisah menjadi bagian penting sebab di dalam alur kisah tersebut tokoh, peristiwa, dan segala sesuatunya diceritakan sehingga menjadi suatu kisah yang padu. Teks fabel dibuat untuk anak-anak, maka alur kisah yang dipakai sangat sederhana supaya mudah guna dipahami.makalah hits


Latar ialah dimana, kapan, dan bagaimana peristiwa tersebut terjadi. Kejelasan latar yang dipakai dalam kisah membantu pembaca mengetahui alur yang terjadi dalam suatu cerita. Latar dipecah menjadi latar tempat, latar waktu, dan latar sosial. Latar tempat menyatakan dimana peristiwa tersebut terjadi. Latar waktu menyatakan kapan peristiwa tersebut terjadi, dan latar suasana mengindikasikan bagaimana lingkungan sosial di dekat tokoh.makalah hits


Sudut pandang adalahbagaimana teknik sebuah kisah tersebut dikisahkan. Sudut pandang dipecah menjadi sudut pandang orang kesatu, sudut pandang orang ketiga maha tahu, sudut pandang orang ketiga terbatas, sudut pandang objektif atau dramatik.makalah hits


Tema ialah masalah inti yang adalahdasar untuk suatu cerita. Oleh sebab itu, dalam rangka guna mendapatkan tema dalam cerita, pembaca mesti membaca kisah untuk menyelesaikan. Tema kisah rakyat akan berhubungan dengan empiris hidup. Biasanya kisah rakyat tema berisi unsur-unsur alam, peristiwa sejarah, sihir, dewa, misteri, hewan, dll.makalah hits


Amanat atau pesan moral ialah nilai-nilai yang terdapat dalam kisah dan menuliskan bahwa pembaca mendapat latihan dari cerita.makalah hits



UNSUR EKSTRISTIK :
Budaya : Budaya setempat bakal mendorong khayalan penulis fabel. Misalkan ditempat bermukim penulis tidak sedikit masyarakat yang bertani, maka pengarang akan terbawa guna menyebutkan kisah sesuai dengan suasana tersebut, dapat dengan kisah kancil dan pak tani. Cerita kancil dan pak tani akan mengisahkan kehidupan seorang petani dalam menanggulangi hewan(hama) yang menyerang tanamannya.makalah hits


Kondisi sosial dimasyarakat : Kondisi sosial masyarakat pun mempengaruhi alur kisah yang bakal diunggah menjadi kisah fabel. Misalnya pada kisah Zootopia yang mengkisahkan mengenai pesan moral dan kritikan sosial pada masyarakat ketika ini. Zootopia adalahtempat bermukim impian untuk para fauna dimana predator dan mangsa bisa hidup dengan damai. Dalam realitas manusia, tempat laksana ini adalahsebuah lokasi yang diharapkan dimana orang-orang dari sekian banyak  etnis, ras, agama, gender, dan latar belakang bisa hidup dengan damai.makalah hits


Agama dan keyakinan : kisah fabel yang menceritakan tentang agama bisa ditemukan kisah Dongeng Ayam, Sapi, dan Babi. Fabel ini menceritakan teknik membalas cinta kasih Tuhan Yesus dapat dengan menyerahkan uang, masa-masa dan kekayaan tanpa hati kita, tetapi yang terbaik ialah memberikan seluruh eksistensi kita yakni uang, waktu, kekayaan dan hati kita. Dalam urusan umum pada kisah fabel yang mencantol agama non Islam dapat menggunakan figur babi, namun saat terkaitdengan agama islam maka penggambaran figur dengan fauna babi dapat diganti dengan karakter fauna lainnya.makalah hits



D. Cara mengajar kisah fabel di SD

Membaca dan mengetahui isi fabel :
Guru menyatakan pengertian fabel, ciri-ciri, struktur teks dan jenis-jenis fabel.
Guru memungut salah satu misal fabel dan mengisahkan ke depan anak-anak.(contoh: rusa dan kura-kura)
Guru bertanya untuk siswa pesan apa yang diperoleh dari kisah tersebut.
Guru meminta ke pada murid untuk bertukar pikiran dengan rekan sebangku guna menilai struktur yang ada pada teks tersebut.makalah hits


Ber-drama
Siswa dibagi sejumlah kelompok (tiap kumpulan terdiri dari 4-5 orang).
Setiap kumpulan diberi kisah fabel yang berbeda-beda dengan kumpulan lain.
Setiap kumpulan harus membintangi tokoh-tokoh yang terdapat dalam kisah tersebut.
Siswa yang lainnya ikut memperhatikan dan menonton kisah tersebut.
Guru bakal menanyakan pesan moral yang terdapat kisah yang dikatakan kelompok tampil.

Menulis teks fabel :
Guru menyiapkan gambar berantai dan diserahkan kepada siswa.
Anak-anak diminta guna membuat kisah yang cocok dengan apa yang mereka inajinasikan dan dapatkan dari gamabar berantai tersebut.
Anak-anak mulai menulis kisah sesuai dengan urutan gambar.
Anak mulai menyusun kisah sesuai dengan struktur teks fabel.
Anak-anak diminta maju kedepan guna membaca kisah yang telah mereka buat.makalah hits




BAB III
PENUTUP

A. KESIMPULAN
Sebagai calon guru kami mempunyai solusi laksana bagaimana kami mesti mengajarkan untuk siswa-siswi nantinya. Dari persoalan di atas kami bisa menarik benang merah diantaranya, anda sebagai calon guru mesti menyerahkan pengenalan sifat-sifat fauna serta definisi baik untuk anak agar anak tidak berfikir bahwa hewan-hewan yang mereka anggap mempunyai sifat buruk pun mereka kenali bahwa sebetulnya mempunyai sifat positif dan bisa diperkenalkan melalui kisah fabel, sampai-sampai dapat di pakai sebagai pengambaran sifat-sifat manusia. Ketika mengajarkan usahakan dengan memakai metode pembelajaran yang benar-benar konkrit agar siswa-siswi pahami dan sebagai tuntutan kekreatifan guru. Cara paparan pesan pun lebih praktis, praktis di sini yakni guru memberi penekanan yang baik saat penyampaian pesan-pesan moral yang akan dikatakan kepada siswa-siswi dengan singat,padat dan jelas, sebab anak ingin lebih suka urusan yang praktis atau singkat.makalah hits

Posting Komentar

0 Komentar